Gina febriani's Blog
Just another WordPress.com weblog

ceroboh ?

Terkadang kita suka merasa  jengkel akan kecebohan kita, apalagi jika sikap kecerobohan ini menimbulkan kerugian orang lain..

tentunya kita ga mau dunk, sikap ceroboh kita jadi ciri khas kita di mata orang”, apalagi kalo sampe ada yng menyindir..

” duh udah lama kita bareng” sikap ceroboh kmu ga ilang” yah?” gubrakkk * emng kita manusia sempurna apah? kita kan cuman manusia yg tak luput dari salah dan dosa.. ? lebay.. huu*

kebanyakan orgsuka ceroboh dalam mengambil keputusan, yg pada ujungnya suka merasa menyesal sendiri akan kebodoahnnya .. (*pengalaman pribadii) T_T, ceroboh dalam lupa menaruh barang,, apalagi barang orang lain yg jadi korbannya.. huft.. maluu banged tentunya.

Mengapa orang bisa ceroboh?

Di antara penyebabnya:

pertama, sifat tergesa-gesa. Karena ingin cepat selesai, cepat untung, kita kerap menjadi tergesa-gesa. Sehingga ada saja yang terlupakan. Ada yang tertipu, karena ingin untung besar. la ceroboh karena tergesa-gesa memutuskan sesuatu. Orang yang ceroboh karena tergesa-gesa bermental
ingin cepat selesai.

Kedua, orang yang ceroboh karena sering grasa-grusu, tidak banyak pertimbangan. Lalu,

ketiga, orang yang mau untung besar dengan cara
gampang.

Banyak contoh orang tertipu karena tergiur dengan iming-iming janji. Dikabari dapat undian, lalu harus mengirimkan sejumlah uang.
Karena ingin untung, langsung saja diberikan. Akhirnya, ia tertipu mentah-mentah.

Begitu pun dengan orang yang kurang tawakal kepada Allah. Walaupun menurut kita bagus, belum tentu bagus menurut Allah. Jadi, dia akan bertindak menurut pendapatnya sendiri. Dan karena terlalu ingin, ceroboh saja menurutinya. Padahal Allah telah menuntun kita agar tidak terjebak pendapat sendiri. Jika menyangkut kepentingan orang banyak misalnya, ada jalan musyawarah. Sehingga keputusan yang diambil benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Supaya tidak terjebak pada sikap ceroboh, kuncinya adalah pahami terlebih dahulu setiap masalah yang dihadapi. Jangan pernah mengambil keputusan tanpa pertimbangan. Lakukan pula chek dan rechek. Biasakan diri untuk melakukan hal tersebut. Dan terakhir, menyangkut perkara yang besar, biasakanlah shalat istikharah. Agar Allah senantiasa menolong kita dalam menjalani keputusan tersebut. Baik atau buruk akibat yang didapat. Amiin.

Belum Ada Tanggapan to “ceroboh ?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: